Indomie
Indomie untuk saat ini merupakan market leader dalam medan
persaingan berbagai produk mi instan di Indonesia. Posisinya yang kuat
disebabkan oleh faktor Indomie sebagai produk mi instan yang pertama kali hadir
di Indonesia serta strategi promosi dan pemasaran yang gencar. Metode promosi
yang digunakan adalah terutama melalui iklan di media elektronik dan cetak,
mensponsori berbagai acara, serta instalasi iklan billboard secara luas.
Indomie sangat dikenal dengan taglinenya, "Indomie Seleraku".
Pada tahun 2008 Indomie melakukan inovasi dalam promosinya dengan mengadakan
event Indomie Jingle Dare, sebuah ajang kompetisi bagi pelajar tingkatan SMA
untuk membuat jingle bagi iklan Indomie.
Informasi Produk
Komposisi:
Takaran Saji: 1 bungkus (129g)
Jumlah Sajian per Kemasan: 1
Jumlah per sajian
Energi total: 560 kkal
Energi dari lemak: 190 kkal
Lemak Total: 21g
Lemak Jenuh: 11g
Kolesterol: 0mg
Protein: 13g
Karbohidrat Total: 81g
Serat Pangan: 13g
Gula: 13g
Natrium: 1660mg
Dalam pemasarannya, grup distribusi Indofood memiliki jaringan
distribusi mi instan yang terluas di Indonesia, yang mana menembus sampai
hampir ke setiap sudut kepualuan. Jumlah titik stok (gudang) semakin
diperbanyak secara agresif sejak tahun 2005, sehingga mampu menyediakan
penetrasi pasar yang lebih luas melalui rantai suplai dan penghantaran. Gudang
stok ditempatkan pada area-area yang memiliki outlet retail yang banyak,
termasuk pasar tradisional, sehingga setiap gudang dapat melayani masing-masing
area geografis dalam waktu yang sesingkat mungkin. Indomie dapat dibeli secara
satuan per bungkus, dapat juga dibeli dengan paket per 5 bungkus dan paket 1
kardus yang berisi 30 atau 40 bungkus indomie. Harga Indomie relatif ekonomis,
di Indonesia pada tahun 2015, Indomie dihargai Rp.
1.550,- per bungkusnya atau sekitar 10 sen dolar Amerika. Di Australia, tahun 2009 Indomie dijual
dengan harga 25 sen per bungkusnya atau AUD 10 untuk satu kardus berisi 40 bungkus Indomie,
sedangkan di Amerika
Serikat
pada tahun 2009, Indomie biasa dijual dengan harga 1 dolar per 3 bungkusnya,
dan dapat ditemukan di berbagai supermarket Asia seperti Lion Supermarket,
Marina Food, atau 99 Ranch Market.
Satu bungkus Indomie Mi Goreng Spesial Plus memiliki berat
bersih 85 gram, dan terdapat 2 sachet
berisi 5 bumbu-bumbuan yang disertakan,
yaitu bumbu, minyak bumbu, kecap manis, saus cabe dan bawang goreng.
Indomie Mi Goreng juga tersedia dalam versi
jumbo yang tersedia dalam dua pilihan rasa, yaitu Mi Goreng Spesial dengan
berat bersih 129 gram dan Mi Goreng Rasa Ayam
Panggang dengan berat bersih 127 gram.
Indomie pertama kali ikut serta dalam Pekan Raja Djakarta pada tahun 1972.
Komentar
Posting Komentar